Menu

Sex

Menstruasi Laurier Aturan Penting Seputar Pembalut

Aturan Penting Seputar Pembalut

Cewek menggunakan pembalut setiap kali menstruasi. Aktivitas ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Namun karena telah terbiasa, seringkali ada hal-hal penting yang terlewatkan, padahal hal-hal tersebut sangat penting bagi kesehatan kita.

Persediaan. Di usia remaja, kadar hormon di dalam tubuh belum seimbang, sehingga sangat mungkin terjadi siklus menstruasi yang tidak teratur. Karenanya, pastikan pembalut selalu tersedia, baik di rumah ataupun di dalam tas yang kita bawa ke manapun pergi. Pastikan menyimpan persediaan pembalut di tempat yang tidak lembap dan tertutup, agar kondisi steril pembalut selalu terjaga.

Teratur mengganti. Darah menstruasi yang diserap pembalut menyebabkan kelembapan. Karenanya menggunakan pembalut yang sama dalam waktu lama berpotensi menyebabkan gangguan kulit gatal, iritasi, atau infeksi saluran kemih, juga infeksi saluran vagina. Sangat disarankan agar mengganti pembalut setiap 4 jam. Tetapi jika mengalami perdarahan berat, sebaiknya periksa dan ganti lebih sering.

Mengemas dan membuang. Tentu saja menjadi tanggung jawab kita untuk mengemas dan membuat pembalut yang telah digunakan secara tepat, karena jika tidak bisa saja menyebarkan aroma darah menstruasi yang khas itu. Cara yang dianjurkan adalah membungkus rapat pembalut dengan kertas, dan buang ke dalam tempat sampah. Jangan membuang pembalut ke dalam toilet, karena bisa menyebabkan penyumbatan.

So.. ingat-ingat ya girls... aturan ini gak cuma bikin kita selamat dari "kecelakaan" menstruasi yang mungkin terjadi, tetapi juga bikin kita gak malu, serta lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Related Articles