Menu

Latest Research

menstruasi Alat Monitor Ovulasi di Rumah

Alat Monitor Ovulasi di Rumah

Masa subur, adalah periode penting dalam siklus reproduksi ketika indung telur melepaskan sel telur yang matang dan siap dibuahi. Pada saat ini, kemungkinan terjadinya pembuahan relatif tinggi. Pasangan yang sedang merencanakan keluarga sangat disarankan mengoptimalkan masa subur ini.

Tetapi, tidak semua pasangan mengetahui masa subur secara tepat. Selain perhitungan manual dengan bantuan dokter, atau pemantauan gejala-gejala tubuh yang cenderung sulit dipantau jika tidak ahli, saat ini tersedia alat uji masa subur, yang bekerja memantau hormon, namun hasilnya tidak selalu bisa dipahami dengan tepat, karena tergantung pengetahuan penggunanya.

Memahami kebutuhan untuk menentukan masa subur secara tepat, saat ini sekelompok peneliti dari Mount Sinai Hospital, New York sedang mengembangkan alat yang dirancang untuk memantau masa subur perempuan. Alat tersebut bekerja memantau 2 unsur utama masa subur, yaitu kadar hormon luteinizing dan progesteron di dalam urin perempuan.

Monitor tersebut bekerja dengan cara yang sangat praktis, hanya dalam dua langkah.

  1. Pengguna dianjurkan untuk mencelupkan strip kertas ke dalam urin pertama di pagi hari.
  2. Setelah strip tersebut bereaksi menunjukkan hasil, scan dengan aplikasi yang telah diunduh ke smartphone, sehingga aplikasi bisa membaca hasil yang ditampilkan strip tersebut, disertai analisa yang tepat tetang fase masa subur.  

Menurut artikel yang dirilis oleh Endocrine Today, edisi Maret 2019,  cara ini akan memberikan data yang bersifat personal pada perempuan pengguna alat tersebut, sehingga bisa mengetahui profil kesuburannya, secara real time dengan tepat. Direncanakan, alat pemantau masa subur yang menggunakan aplikasi ini bisa didapatkan secara bebas pada akhir tahun 2019.

Related Articles