Menu

Latest Research

Air Dapat Menekan Risiko Infeksi Saluran Kemih

Menambah konsumsi air 1,4 liter air sehari, dipastikan bisa mencegah berulangnya infeksi saluran kemih yang biasanya dialami seorang perempuan. Pernyataan itu adalah kesimpulan peneltian para ahli di Miami University, yang telah diterbitkan dalam jurnal IDWeek edisi September 2017.

Sebenarnya saran untuk lebih banyak mengonsumsi air ketika seorang mengidap infeksi saluran kemih bukan hal baru. Tetapi hingga beberapa saat lalu, belum ada data ilmiah yang memastikan hal tersebut, menurutĀ  Thomas M. Hooton, MD, Direktur Klinik Penyakit Infeksi di Miami School of Medicine, pemimpin yang juga menuliskan laporan penelitian tersebut, "Sebaiknya rekomendasi yang sering kita berikan pada pasien itu didasari fakta yang valid," ungkapnya menjelaskan alasan penelitian dilakukan.

Dibandingkan lelaki, perempuan cenderung lebih sering mengalami infeksi saluran kemih, karena secara fisik saluran kemih perempuan lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah masuk . Terlebih lagi, jarak antara saluran kemih dan saluran pembuangan relatif dekat.

Mengonsumsi cairan lebih banyak berarti mengurangi konsentrasi bakteri yang masuk keĀ  dalam kandung kemih dari mulut vagina. Sehingga berkurang peluang bakteri menempel dan menyebabkan infeksi.

Penelitian yang dilakukan Thomas melibatkan 140 responden perempuan yang setidaknya setahun sebelumnya mengalami 3 kali infeksi saluran kemih. Responden dibagi atas 2 yang masing-masing terdiri dari 70 responden; Kelompok A diminta mengonsumsi cairan sebagaimana asupan sehari-hari, sedangkan Kelompok B diwajibkan mengonsumsi 1.5 L cairan tambahan selain asupan harian. Penelitian ini berlangsung selama 1 tahun, dan hasilnya responden Kelompok A rata-rata mengalami 3.1 kambuhan infeksi saluran kemih, sedangkan Kelompok B rata-rata hanya mengalami 1.6 infeksi saluran kemih.

40% - 60% perempuan setidaknya akan mengalami satu kali infeksi saluran kemih dalam hidupnya, dan 1 dari 4 cenderung mengalaminya secara berulang, yang berarti harus mengonsumsi antibiotik berulang. Agar hal ini tidak terjadi, maka perempuan bisa mencegahnya dengan mengosumsi setidaknya 1.5 L air tambahan setiap hari.

Related Articles