Menu

Sociolife

laurier menstruasi Tips Belajar Jadi Fokus

Agar Fokus Belajar

Buku pelajaran udah bolak-balik dibaca, tapi kok tetep gak ngerti ya? Hmm.. bisa jadi karena kurang konsentrasi girls, alhasil walaupun udah belajar mati-matian tetap aja gak nyangkut di kepala.

Gak mau kan, nilai ulanganmu merah semua karena gak konsen pas belajar? Lakukan tips berikut ini agar waktu belajarmu bisa lebih fokus dan efektif:

  • Cari tempat yang nyaman. Suasana tempat belajar juga bisa memengaruhi mood dan konsentrasi. Pilih tempat yang tenang, bersih dan memiliki penerangan yang cukup.
  • Belajarlah saat kondisi tubuh fit. Ketika tubuh dalam keadaan fit dan fresh, kita akan lebih mudah menyerap pelajaran. Jadi hindari kegiatan yang melelahkan sebelum belajar.
  • Membuat rangkuman. Materi pelajaran yang banyak biasanya bikin kita malas untuk membacanya. Siasati dengan menulis poin-poin penting atau rangkuman saat guru sedang mengajar. Dengan rangkuman itulah kita bisa cepat mengingat pokok pelajaran.
  • Bikin flashcard. Tulis semua poin penting pelajaran di potongan kertas sebesar kartu remi. Metode flashcard ini memudahkan kita untuk mengulang dan membaca materi kapan pun. Apalagi kalo ditulis pakai tinta warna-warni, belajar jadi lebih fun.
  • Matikan handphone. Ngaku deh… pas belajar masih sering buka hape buat balesin chat atau nulis status kaannn?! Naah ini dia faktor utama yang bikin konsentrasi belajar jadi buyar. Lagian gak masalah juga kan matiin hape 1 atau 2 jam.

Semoga cara ini bisa bikin waktu belajarmu makin optimal ya girls. Semangat!

Related Articles