Menu

Lifestyle Updates

Agar Android Aman dari Serangan Malware

Data yang dilansir Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastucture (ID SIRTII) menjelaskan bahwa 80% aplikasi di Google Play Store telah disusupi malware, malicious software, yang dibuat untuk menyebabkan kerusakan sistem. Ini berarti ancaman bagi smartphone android yang girls gunakan. Agar hal ini tidak terjadi, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Instal aplikasi hanya dari sumber terpercaya. Bayangkan saja jika sumber terpercaya seperti play store bisa disusupi malware, bagaimana dengan sumber lain yang kita temukan di internet? So, kita harus meningatkan keamanan dengan mengaktifkan pengaturan yang mencegah gadget memasang aplikasi dari sumber resmi android; Play Store dan Galaxy Apps. Caranya sederhana: Masuk ke menu, pilih setting, kemudian pilih lock screen and security, lalu pilih "jangan izinkan instal dari unknow source. Setelah ini dijamin tidak ada aplikasi yang terdownload secara otomatis ke gadget kita dari sumber yang tidak jelas.
  2. Sempatkan baca izin aplikasi (Permission Details). Pernahkah menyempatkan memeriksa permission details sebelum mendownload aplikasi dari Play Store atau Galaxy Apps? Jika tidak, mulai sekarang sebaiknya lakukan hal tersebut. Pastikan kita tahu data apa yang akan diakses oleh aplikasi yang akan kita instal itu. Jika ada sesuatu yang keliatannya aneh, sebaiknya jangan diteruskan, daripada kenapa-napa kan?
  3. Instal program anti-malware. Sekalipun masih ada perdebatan tentang fungsi program ini, gak ada salahnya kan dipasang buat jaga-jaga. Kita juga bisa mengaktifkan Google Play Protect yang ada di menu Play Store. Nggak rugi buat selalu check and recheck.
  4. Gunakan VPN ketika akses jaringan wifi umum. Metode VPN, Virtual Private Network, ini sangat direkomendasikan buat melindungi data di gadget kita karena layanan VPN bakal mengenkripsi semua data yang kita kirimkan. Beberapa versi gratis VPN yang bisa kita gunakan di antaranya: Opera VPN,  Cyber Ghost, Your Freedon, dan HotSpot Shield.

Sumber: hackread.com

Related Articles