Menu

Reproductive Health

menstruasi 5 Tanda Endometriosis yang Tidak Disadari

5 Tanda Endometriosis yang Tidak Disadari

Pada dasarnya endometriosis adalah gangguan kesehatan reproduksi akibat tubuhnya jaringan dinding dalam rahim di luar rahim. Bisa terjadi di berbagai organ di dalam rongga perut. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri yang luar biasa. Gejala endometriosis tak semata-mata hanya nyeri hebat, tapi pegal-pegal di pinggang dan punggung bagian bawah, juga bisa menjadi gejala yang sering diabaikan. Kenali gejala secara lengkap, agar dapat tertangani sedini mungkin.

  1. Nyeri perut menstruasi datang lebih cepat, bertahan lama. Biasansya kram perut yang dirasakan terjadi tepat menjelang menstruasi, akibat otot rahim mulai berkontraksi untuk mengeluarkan selaput dalam dinding rahim; maka nyeri yang dipicu oleh endometriosis bisa dirasakan berminggu-minggu sebelum menstruasi, dan bertahan hingga akhir menstruasi.
  2. Mengalami gangguan pembuangan dan sulit mengontrol aliran urin. Sering mengalami sembelit dan tak bisa menahan keinginan buang air kecil. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan endometrium yang menempel pada usus atau pada kandung kemih.
  3. Nyeri saat berhubungan seksual. Ketika terjadi hubungan seksual akan terjadi tekanan. Jika terjadi endometriosis, tekanan ini akan menyebabkan ketegangan dan akhirnya memicu nyeri hebat.
  4. Pegal pada punggung dan sakit perut. Jaringan endometrium yang tumbuh di dalam rongga panggul bisa saja berdekatan dengan tulang punggung bagian bawah, sehingga menyebabkan area punggung bawah juga perut bagian bawah terasa nyeri.
  5. Tak kunjung hamil. Pertumbuhan endometriosis bisa saja menghalangi saluran telur sehingga proses ovulasi terhambat, dan mengganggu terjadinya proses pembuahan.

Jika Anda mengalami minimal 2 dari gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan fisik ke dokter obgyn, atau ahli kebidanan yang dikenal luas sebagai dokter kandungan, agar dapat memastikan kondisi Anda, dan ditangani secara tepat.

Related Articles