Menu

Sociolife

Menstruasi 5 langkah mengatasi kedukaa

5 Langkah Mengatasi Kedukaan

Duka bisa dialami setiap orang karena kehilangan sesuatu atau seseorang yang dikasihi, remaja seusia kita pun bisa mengalaminya. Biasanya seiring berlalunya waktu, duka akan berkurang. Tetapi seringkali kita tidak mudah melaluinya, karena tidak tahu caranya. 

  1. Mengikuti ritual dan prosesi. Langkah pertama kita mengatasi kedukaan karena kepergian orang terkasih adalah mengikuti prosesi keagamaan atau tradisi pelepasan. Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang meninggal, kehadiran orang lain di acara tersebut akan memberi kenyamanan bagi kita, bahwa tidak hanya kita yang merasa kehilangan. 
  2. Mengekspresikan perasaan. Tak ada salahnya melepaskan perasaan sedih. Jika ada dorongan untuk menangis, lakukanlah. Jangan ragu mendengarkan lagu atau melihat benda yang akan mengembalikan memori kita pada orang yang telah "pergi". Kehilangan adalah hal yang wajar, jangan dihindari. Berangsur-angsur jika dibiasakan, maka rasa itu akan berkurang. 
  3. Mengobrol tentang kenangannya. Sebagian orang merasa lebih ringan jika membicarakan kenangan tentang kerabat atau orang tersayang yang meninggal, atau mendiskusikan perasaannya tentang kehilangan itu. Tidak selalu harus berbicara pada orang lain. Menuliskan perasaan dan pikiran pada jurnal atau blog, atau sekadar status di social media akan sangat membantu meringankan perasaan kehilangan itu. 
  4. Mewujudkan kenangan. Jika membutuhkan sesuatu untuk mengenang orang yang telah "pergi" lakukanlah dengan cara yang sesuai untuk mengenangnya; menanam pohon, menyimpan kotak berisi foto dan benda favoritnya. 
  5. Bantuan ahli. Jika hal-hal di atas telah dilakukan, namun hingga 12 bulan rasa duka kita belum juga reda; bahkan mulai mengganggu aktivitas rutin, sekolah, dan mengubah perilaku kita, sebaiknya segera minta bantuan ahli. Atau jika kita tidak menyadarinya, beri kesempatan pada orang di sekitar kita yang menyadarinya untuk membantu kita kembali menjadi diri kita lagi. 

Kedekatan dan kenangan kita pada seseorang yang telah "pergi" akan sangat menentukan seberapa dalam duka yang kita rasakan. Tetapi hal yang perlu diingat, bukanlah menangisi kepergiannya, melainkan mengenang dan merayakan kenangan ketika ia masih bersama kita. Life goes on, girl... be tough!

Related Articles