Menu

Sex

Periode Pertumbuhan Cewek

Pertumbuhan fisik cewek menjadi sangat nyata di usia remaja. Tapi tak jarang menjadi membingungkan. Jika kita tahu tahapannya, maka kita akan paham dan tak ribet menunggunya. Agar kita bisa memantau sendiri, ini adalah urutan pertumbuhan kita.

  1. Pertumbuhan cewek yang paling nyata terlihat di masa remaja, adalah pertambahan tinggi tubuh. Biasanya kita akan menemukan tungkai kaki dan tangan kita akan memanjang.
  2. Selanjutnya kita akan menemukan terjadinya pertumbuhan payudara. Awalnya hanya seperti tonjolan kecil di dada, dan ada kalanya disertai sedikit nyeri. Kebanyakan cewek menemukan perbedaan kondisi pada kedua payudaranya. Sisi satu terasa agak keras, sementara sisi lainnya biasa saja. Tak perlu cemas. Ini adalah hal yang wajar. Hal lain yang penting diingat, tak perlu mencemaskan pertambahan ukurannya, karena pertumbuhan payudara akan berlangsung hingga akhir usia 18 tahun.
  3. Fase berikutnya adalah diproduksinya cairan vagina. Segera setelah kita menemukan bahwa vagina kita mengeluarkan cairan, beritahu mama, dan minta beliau membelikan pantyliner. Kita sebaiknya menggunakan pantyliner, karena cairan vagina yang relatif banyak diproduksi, dapat menyebabkan kelembapan kulit di area vagina, sehingga kita akan mudah mengalami iritasi dan gatal-gatal.
  4. Sesaat setelah cairan vagina diproduksi maka akan tumbuh bulu-bulu pubis di area kulit sekitar vagina. Tak perlu cemas, ini adalah hal yang wajar. Pastikan saja cermat membersihkan area yang ditumbuhi bulu ini, setiap mandi sore dengan air hangat.
  5. Biasanya, setelah bulu pubis tumbuh, kita akan menemukan wajah kita menjadi lebih berminyak dan mudah ditumbuhi jerawat. Hal ini disebabkan karena pada saat yang bersamaan kelenjar minyak di bawah kulit menjadi aktif. Dampak lain dari proses ini adalah berubahnya aroma tubuh.

Proses pertumbuhan yang terjadi pada bagian-bagian tubuh ini menyebabkan tubuh cewek berbentuk, berlekuk. Ini adalah hal yang menyebabkan cewek menjadi unik. Cewek memang makhluk spesial!

Related Articles