Menu

Latest Research

Khasiat Minyak Zaitun Meredakan Nyeri Menstruasi

Nyeri menstruasi atau dikenal sebagai primary dysmenorrhea,  adalah masalah umum yang dialami perempuan berusia produktif. Nyeri menstruasi menyebabkan aktivitas harian terganggu, hingga memicu masalah dalam hubungan. Hingga saat ini,  untuk mengatasi nyeri menstruasi digunakan obat-obat pereda nyeri seperti ibuprofen.  Sayangnya,  bagi perempuan yang tidak bisa bertoleransi terhadap bahan kimia, obat-obatan bukanlah pilihan yang baik untuk selalu digunakan.

Penelitian terbaru menemukan bahwa Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau minyak zaitun murni dapat bekerja lebih efektif mengatasi nyeri jika dikonsumsi dua minggu sebelum menstruasi. Hasil penelitian yang telah dilansir dalam Scholars Research Library ini melibatkan 37 responden perempuan berusia antara 17 - 30, dan mengalami nyeri mentruasi tingkat wajar hingga berat.

Para responden menjalani pemantauan selama 4 siklus;  siklus pertama untuk menentukan tingkatan nyeri menstruasi yang dialami,  2 siklus berikutnya menjalani penelitian, dan siklus terahir adalah fase pembersihan. Para responden ini kemudian dibagi atas dua kelompok; Kelompok pertama mendapatkan 25 ml EVOO selama dua siklus, dan dimulai sejak 2 minggu sebelum menstruasi.  Setelah 4 minggu siklus berlalu,  mereka diberikan 400 mg ibuprofen 3 kali sehari selama 3 hari pertama menstruasi secara berturut-turut. Kelompok kedua mendapatkan penanganan serupa,  namun dengan urutan yang berbeda.

Pada awal penelitian,  tingkat nyeri menstruasi yang dialami responden dari kedua kelompok itu,  sama. rata-rata mencapai nilai 6,7.  Namun, nyeri yang dialami berbeda jelas selama pengobatan. Kelompok yang mengonsumsi ibuprofen selama dua siklus pertama mengalami nyeri bernilai 4,7 selama bulan pertama dan 3,8 selama bulan kedua. Sementara kelompok yang mengonsumsi EVOO selama dua siklus memiliki nilai nyeri 2,4 dan 1,4 selama dua siklus berturut-turut.

Extra virgin olive oil diketahui mengandung antiimflamasi yang sangat kuat.  Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa Oleocanthal,  sejenis polyphenol dalam EVOO,  bekerja menekan produksi prostaglandin (molukel pemicu pembengkakan)  sebagaimana yang dilakukan oleh ibuprofen dengan kapasitas kerja 10%. Juga ditemukan bahwa EVOO yang dikonsumsi setiap hari memiliki efek komulatif terhadap produksi molekul antiimflamasi tersebut.

Tentu saja ini adalah berita baik untuk perempuan yang mengalami nyeri menstruasi, karena EVOO aman digunakan oleh semua orang.

Related Articles