Menu

Reproductive Health

Mitos Menstruasi Hari Pertama

Umumnya diyakini setelah hari kedua atau ketiga, aliran darah menstruasi baru akan menderas. Hari pertama menstruasi hanya akan terjadi sangat ringan. Benarkah demikian?

Aliran darah menstruasi keluar dari dalam rahim karena kerja otot otot rahim memompa dan mendorongnya keluar. Kerja otot rahim ini dipicu oleh prostaglandin. Makin banyak produksi hormon itu di dalam rahim, makin intens otot rahim bekerja, dan makin banyak darah menstruasi berhasil dikeluarkan.

Produksi prostaglandin dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kondisi kesehatan umum. Jika tubuh sedang sangat sehat, maka prostaglandin sudah cukup diproduksi tubuh sejak pra-menstruasi. Sehingga pada saat memasuki periode menstruasi, sudah cukup banyak untuk memicu rahim berkontraksi sejak hari pertama. Jadi, bisa saja aliran darah menstruasi menderas sejak hari pertama menstruasi.

Jika hanya berpatokan pada kebiasaan semata, maka kita cenderung tidak siap mengalami kondisi menstruasi hari pertama yang menderas. Alih-alih mengenakan pembalut, kita hanya mengenakan pantyliners di hari pertama, karena beranggapan aliran darah masih akan ringan.

Tak masalah jika pagi hari, ketika akan berangkat beraktivitas kita mengenakan pantyliners karena aliran darah menstruasi masih berupa bercak, atau bahkan belum terlihat sama sekali. Namun, sebaiknya menyiapkan pembalut karena aliran darah menstruasi bisa menderas kapan saja.

Atau agar tak repot, kenakan saja pembalut super tipis, yang berdaya serap tinggi, seperti Laurier Super Slimguard. Jenis pembalut ini akan memberikan rasa aman, karena kita tidak cemas "bocor" ketika aliran darah menstruasi di hari pertama tiba-tiba menderas, dan ukuran yang sangat tipis tidak akan mengganggu aktivitas kita.

Jadi, jangan terjebak pada mitos aliran darah menstruasi pertama yang hanya sedikit. Segera setelah menstrual diary memberi tahu Anda akan menstruasi, siapkanlah Laurier Super Slimguard demi kenyamanan dan keamanan Anda.

Related Articles