Menu

Sex

Menyambut Masa Puber

Puber adalah periode ketika seorang anak perempuan mengalami masa transisi, berproses menjadi seorang perempuan dewasa. Setiap perempuan mengalami masa ini, dan bisa menjadi periode yang sangat menantang.

Periode puber dialami setiap cewek berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena setiap cewek adalah unik, memiliki proses perkembangan sesuai kemampuan tubuhnya bertumbuh. Tetapi rata-rata mengalaminya antara usia 10 - 14 tahun. Agar tidak bingung, yuk kita pahami kondisi cewek di masa puber ini.

Apa yang akan dialami tubuh pada saat puber? Selama masa puber, biasanya tubuh seorang cewek akan:

  • Bertambah tinggi cukup signifikan.
  • Payudara dan pinggul mulai terbentuk; bertambah besar ukurannya. Ada kalanya akan terasa agak gatal, karena kulit meregang.
  • Rambut tubuh tumbuh. Selain terjadi pertumbuhan bulu di area ketiak, akan mulai terlihat bulu-bulu halus di area vagina.
  • Berkeringat. Dibandingkan usia sebelumnya, cewek mulai lebih mudah dan banyak berkeringat.
  • Cairan vagina diproduksi. Area vagina mulai terasa lembap karena ada cairan yang diproduksi setiap hari.. Cairan terlihat bening atau putih, beraroma khas, tetapi tidak busuk. Kondisi ini normal
  • Mulai menstruasi. Biasanya akan disertai nyeri, karena otot perut bekerja mengeluarkan darah dari dalam rahim.
  • Sering merasa bete. Suasana hati mudah berubah, umumnya disebabkan karena fungsi kontrol emosi masih mengalami proses penyempurnaan.

Setiap cewek pasti akan mengalami masa puber ini, dan rata-rata mengalami hal-hal di atas. Jika tidak merasa nyaman, gak ada salahnya bertanya pada mama, tante, kakak atau kakak sepupu tentang hal-hal ini. Atau jika masih malu, silakan bertanya pada dr Laurier di (link). Agar kamu jelas dan menjalani masa puber dengan nyaman.

Related Articles