Menu

Sex

Lebih Bertanggung Jawab tentang Seks

Seks adalah salah satu topik menarik bagi remaja. Terlebih lagi ketika sistem reproduksi mulai aktif, cewek mulai menstruasi dan mulai merasa tertarik pada cowok. Jika tidak ditangani dengan tepat, rasa ingin tahu itu bisa 'menjebak' dan menyebabkan kita melakukan hal-hal yang sebenarnya belum perlu dilakukan, paling parah adalah hamil. 

Selama hamil, cewek cenderung tidak melakukan aktivitas secara normal. Terlihat oleh tetangga saja malu, apalagi pergi ke sekolah. Akhirnya cewek jadi kehilangan banyak waktu dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Demi mencegah hal ini dialami banyak cewek WHO membuat program edukasi buat para cewek: Not Just Another Thing to Do. Hasilnya, luar biasa...

Nyaris 2/3 cewek remaja yang ikut program itu dan telah melakukan hubungan seksual ternyata menyesali keputusannya. Demikian hasil survei yang dibuat setelah program berakhir. 72% peserta program mengatakan bahwa mereka berharap menunda aktivitas seksual mereka hingga lebih dewasa. 78% setuju bahwa remaja sebaiknya tidak melakukan aktivitas seksual.

Hasil lain yang perlu diketahui, menurut mereka, keputusan untuk menunda aktivitas seksual sebenarnya sangat dipengaruhi oleh: orang tua (37%), teman (30%), media (11%) dan institusi keagamaan (11%). 

Sedangkan informasi tentang seks umumnya mereka dapatkan dari media (61%) teman (57%) dan orang tua (55%). 

"Survei ini adalah bukti terakhir bahwa remaja saat ini cukup cerdas dan membuat keputusan yang bertanggung jawab tentang hubungan seksual," ujar Sally Sacher, yang menjadi pemimpin survei untuk mengevaluasi program tersebut.

Tentunya kita pun secerdas dan penuh tanggung jawab sama seperti mereka dong girls! Keep virgin, be healthy!

Sumber: Not Just Another Thing to Do Survey. June 30, 2013.

Related Articles