Menu

Reproductive Health

Langkah Sigap Ketika Lupa Mengonsumsi Pil Kontrasepsi

Anda lupa mengonsumsi pil kontrasepsi? Tarik napas dalam-dalam. Jangan terburu panik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pil tersebut, dan kemudian dapat bertindak tepat untuk mengatasi kelalaian ini.

Pada dasarnya pil kontrasepsi yang harus diminum tiap hari, dibuat dengan kadar hormonal yang bekerja melindungi penggunannya dalam jangka sehari. Karenanya jika lupa mengonsumsi pil, dan terjadi hubungan seksual, pengguna pil yang lalai ini sangat rentan mengalami kehamilan. Jadi, apakah yang perlu dilakukan ketika kita terlupa meminum pil kontrasepsi?

Mengenal jenis pil
Saat ini, pil kontrasepsi terdiri dari 2 jenis;
Jenis kombinasi, berupa paduan hormon estrogen dan progesteron dan pil kontrasepsi yang hanya mengandung progesteron saja. Kedua jenis pil ini bekerja dengan cara yang berbeda. Pil kombinasi membatasi produksi hormon sehingga mencegah proses pematangan sel telur. Sedangkan pil progesteron bekerja dengan menebalkan lendir di area serviks sehingga menghambat masukknya sperma, dan menipiskan lapisan dalam dinding rahim, sehingga menyulitkan sel telur menempel setelah dibuahi.

Mengantisipasi pil kombinasi

  1. Jika Anda lupa mengonsumsi pil jenis kombinasi; segera minum 1 pil, kemudian susul dengan pil yang seharusnya Anda konsumsi pada hari itu. Atau Anda dapat mengonsumsi dua pil pada saat yang bersamaan.
  2. Tidak perlu mengonsumsi pil cadangan yang ada di dalam kemasan.
  3. Pil cadangan perlu dikonsumsi jika Anda lupa mengonsumsi pil beberapa hari sebelumnya, atau minggu lalu, pada kemasan yang berbeda. Setelahnya lanjutkan konsumsi pil sesuai kemasan yang sedang berjalan.
  4. Kalau Anda terlewat mengonsumsi 2 pil, dan terjadi pada awal siklus - dua minggu pertama - saat telah terjadi ovulasi dan tubuh tidak bisa lagi menekan produksi hormon, konsumsi dua pil setiap hari selama dua hari, dan lanjutkan pil Anda sesuai urutan pada kemasan, disusul pil cadangan semala 7 hari setelah pil pada kemasan Anda habis.
  5. Jika Anda lupa mengonsumsi 2 pil pada minggu ke-3 atau lupa lebih dari 3 pil pada periode kapan pun, segera gunakan pil cadangan, kemudian konsumsi pil dari kemasan yang baru. Disusul pil cadangan selama 7 hari berturut-turut.

Menyiasati pil progesteron
Perlu diketahui bahwa jenis pil progesteron ada 2; pil yang dikonsumsi setiap 12 jam, dan pil yang dikonsumsi setiap 3 jam. Jika pil dikonsumsi lebih dari rentang waktu itu, kadar hormon akan sesuai untuk mendukung terjadinya pembuahan.

  1. Jika Anda kurang dari 3 atau 12 jam terlambat mengonsumsi pil, segera minum pil pada saat Anda ingat, kemudian minum pil yang seharusnya Anda konsumsi sesuai jadwal
  2. Jika Anda lupa mengonsumsi pil lebih dari 3 atau 12 jam, konsumsi segera pil yang Anda lupakan, kemudian konsumsi pil selanjutnya seperti biasa. Kemudian lanjutkan dengan pil cadangan selama 2 hari berturut-turut.

Penting diingat!
Artikel ini hanya menyajikan panduan praktis. Setiap pil kontrasepsi memiliki komposisi hormon yang berbeda. Tetapi apapun jenis pil yang Anda gunakan, Anda harus rutin mengonsumsinya setiap hari agar pil melindungi Anda secara optimal. Jika Anda tidak dapat rutin mengonsumsi pil, sebaiknya pikirkan metode kontrasepsi alternatif yang lebih praktis, seperti AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim).

Related Articles