Menu

Sex

Kok Belum Bertumbuh Juga?

 

Pada kenyataannya, fungsi utama payudara adalah untuk menyusui; namun pada usia remaja fungsi tersebut umumnya belum digunakan.

Sekalipun demikian, ada banyak pertanyaan dilontarkan tentang ukuran dan bentuk payudara terlebih jika seorang cewek membandingkan bentuk dan ukuran payudara miliknya dengan teman seusia.  

 

Bentuk & ukuran payudara

Payudara terbentuk oleh 4 elemen yang berbeda, yaitu; jaringan penghubung (otot), lemak, kelenjar ASI (kerap disebut sebagai kelenjar payudara), dan saluran ASI. Sedangkan bentuk payudara setiap perempuan berbeda-beda, bundar, memanjang atau bahkan segitiga.

Variasi bentuk ini disebabkan karena 4 faktor pembentuk tersebut, yang bersifat sangat individual pada setiap perempuan. Umumnya bentuk dan ukuran payudara bersifat genetis, setidaknya payudara seorang anak perempuan akan berbentuk sama seperti payudara ibu dan saudara perempuannya yang lain (jika ada). Jadi gak perlu cemas membandingkan bentuk dan ukuran payudaramu dengan teman. Sebaliknya, jika ingin tahu tentang normal atau tidaknya, bertanyalah pada ibumu.  

Kesehatan payudara
Hal terpenting yang harus diperhatikan tentang payudara, adalah kesehatannya. Segera setelah kamu memastikan terjadi perubahan ukuran payudara (mulai membesar), pastikan kondisi kesehatannya. Gak sulit, kok. Pastikan saja ciri-ciri luarnya. Pada payudara yang sehat, tidak akan ditemukan:

  • Benjolan yang keras
  • Bengkak, kemerahan, terasa hangat dan warna kulit di sekitarnya cenderung gelap
  • Kerutan atau bagian kulit yang masuk ke dalam
  • Gatal, dan kulit di sekitar puting payudara bersisik
  • Puting payudara tenggelam/masuk ke payudara
  • Ada cairan yang keluar dari puting payudara
  • Rasa nyeri yang menetap, setelah lewat masa menstruasi 

 

Penting buat diingat!

Ukuran payudara tidak bisa diperbesar dengan krim atau lotion apapun. Sedangkan membentuk otot dada dengan latihan beban hanya akan mengencangkan, tetapi tidak akan memperbesar ukuran payudara.

Related Articles