Menu

Reproductive Health

Kejadian Sepanjang Siklus Menstruasi

Sebelum darah menstruasi mengalir ke luar tubuh pada hari pertama, telah terjadi proses panjang. Pahami proses ini, agar kita tahu betul apa yang terjadi di dalam tubuh kita.

Proses 1.
Siklus menstruasi diawali dengan terbentuknya lapisan dalam dinding rahim, berupa selaput, sebagai langkah persiapan jika terjadi pembuahan. Selaput dinding dalam rahim inilah yang akan menjadi tempat bertumbuhnya janin.

Proses 2.
Indung telur melepaskan 1 sel telur. Telur akan melewati saluran telur menuju rahim. Proses ini dikenal sebagai masa ovulasi, yang akan berlangsung selama 2 x 24 jam. Pada tahapan ini, ada perempuan yang mengalami nyeri, namun ada yang sama sekali tidak merasakan apa-apa.

Proses 3.
Jika terjadi pembuahan, maka sel telur yang telah dibuahi itu akan menempel pada selaput yang telah terbentuk di dinding rahim, dan bertumbuh. Ini adalah proses kehamilan. Tetapi jika tidak terjadi pembuahan, maka selaput dinding rahim yang telah terbentuk itu akan diluruhkan. Proses peluruhan selaput dinding rahim ini, seringkali disertai nyeri dan kram perut, karena kotraksi otot-otot rahim

Proses 4.
Selaput dinding rahim keluar dari tubuh. Ini adalah proses yang dikenal sebagai menstruasi. Berdasarkan data medis, menstruasi yang normal hanya berlangsung antara 3 - 10 hari. Tetapi, rata-rata perempuan mengalami menstruasi antara 5 - 7 hari.

Setelah proses 4 berakhir, sistem reproduksi kita akan kembali mengulang proses 1. Hal ini terjadi terus-menerus, hingga akhir usia produktif kita.

Related Articles