Menu

Latest Research

Kebersihan Selama Menstruasi

 

Kondisi kulit di sekitar area vagina yang lembap sepanjang menstruasi, adalah "lingkungan" yang nyaman bagi pertumbuhan bakteri, dan jamur. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya infeksi di area tersebut. Agar hal ini terjadi, kebersihan dan kesehatan selama menstruasi sangat penting diperhatikan. 

Jika umumnya perempuan menyangka membersihkan area genital dengan cairan pembersih adalah cara yang tepat menjaga kesehatan dan kebersihan, maka keliru. Agar sehat dan bersih selama menstruasi, cukup lakukan langkah-langkah ini: 

  • Minum banyak air agar tidak dehidrasi ketika menstruasi. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah cara menjaga sistem sirkulasi tetap lancar dan tubuh sehat.
  • Ganti pembalut setidaknya setiap 4 jam untuk menghindari kelembapan dan infeksi bakteri. Mengganti pembalut secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina selama menstruasi.
  • Saat menstruasi berlangsung, setiap kali akan mengganti pembalut, bersihkan selalu area kulit di luar vagina dan area tumbuh rambut pubik dengan air bersih. Lakukan secara hati-hati. Keringkan dan kemudian pasang pembalut.
  • Di akhir hari, saat mandi, bersihan kulit di sekitar area vagina dengan air hangat. 
  • Kenakan baju longgar dan celana dalam dari katun agar meningkatkan aliran udara ke area genital
  • Setelah menstruasi, gunakan sabun lembut dan air untuk membersihkan area kulit di luar vagina dan area tumbuh rambut pubik. Sedangkan area di dalam vagina tidak perlu dibersihkan karena cairan vagina bertugas melakukannya.

Tidak sulit kan menjaga kebersihan dan kesehatan area vagina selama menstruasi? Bebas lembap, dan nyaman! 

Related Articles