Menu

Sex

I am a Big Girl

Kalau dulu tubuh kamu tanpa bentuk, maka sekarang terlihat mulai berlekuk, karena terjadi pembesaran pada payudara dan pinggul. Kalau dulu kulit pipi halus mulus, kini mulai berminyak, berjerawat dan dipenuhi komedo. Lalu pada bagian-bagian tubuh tertentu mulai tumbuh rambut-rambut halus (ketiak dan vagina), dan warna suara berubah.

Perubahan fisik yang kamu alami ini, normal. Kamu sedang bertumbuh menjadi perempuan dewasa. Proses pertumbuhan ini akan lengkap setelah kamu mendapatkan menstruasi yang pertama (menarche), sebuah pertanda organ reproduksimu sudah matang.

Mengapa perubahan terjadi?
Sebenarnya, dua tahun sebelum kamu mengalami menstruasi, kelenjar hypothalamus dan kelenjar pituitary yang terdapat di otak, sudah mulai berfungsi, melakukan persiapan untuk mengubah kamu dari anak kecil menjadi perempuan dewasa.

Kelenjar-kelenjar ini mulai memroduksi hormon, di antaranya hormon LH/luteinising dan hormon FSH/follicel stimulating - hormon pertumbuhan yang menyebabkan tinggi badan bertambah. Selanjutnya, tugas kedua hormon ini dilanjutkan oleh estrogen - hormon yang hanya diproduksi pada perempuan untuk merangsang pertumbuhan fungsi dan organ reproduksi

Dilengkapi pertumbuhan non fisik

  1. Perkembangan intelektual. Kedewasaan secara fisik biasanya akan barengi perkembangan kemampuan berpikir dan menangani masalah. Kemampuan ini membuat kamu belajar banyak dari pengalaman sendiri dan juga pengalaman orang lain.
  2. Ingin mendapatkan perhatian. Menurut para ahli, perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja menyebabkan munculnya kebutuhan untuk diperhatikan. Dampaknya adalah, kamu mulai melirik/naksir kakak kelas yang pintar, atau bahkan mungkin berkhayal tentang dicium seorang cowok.
  3. Perkembangan emosional. Menurut G. Stanley Hall, psikolog yang berasal dari Amerika, remaja juga mengalami perkembangan emosional. Hasilnya, kamu mulai pintar menentukan standar; bagus-buruk, ketika menilai sesuatu. Kamu mulai punya pendapat dan keyakinan sendiri, tidak lagi pasrah menerima masukan dari orang tua atau guru. Perkembangan inilah yang jika keliru dicermati, membuat kamu dipandang pemberontak.

Jika semua ciri perkembangan ini sudah kamu alami, maka kamu perlu bersiap-siap untuk menjadi dewasa. Tapi sabar ya, karena menjadi dewasa adalah proses. So, lebih baik, nikmati dulu masa remaja kamu, untuk menjalin hubungan yang akrab dengan keluarga dan teman, menentukan cita-cita/tujuan hidup yang kamu inginkan.

Related Articles