Menu

Sex

Awal Pertumbuhan Payudara

Pertumbuhan payudara dialami cewek sejak memasuki masa puber. Proses yang terjadi sangat unik, sehingga seringkali menimbulkan pertanyaan. Agar tidak cemas, dan nyaman menjalani periode pertumbuhan payudara, akan lebih baik jika kita membahasnya secara lengkap. 

Awal pertumbuhan
Pertumbuhan payudara seringkali terjadi tanpa disadari. Cewek biasanya baru menyadari terjadi perubahan pada payudara setelah terbentuk tonjolan, dan
puting payudara menjadi lebih sensitif dan ngilu jika disentuh. Kondisi ini bisa dialami pada kedua payudara sekaligus, atau justru hanya pada salah satu payudara lebih dulu. Pertanda lain payudara mulai bertumbuh adalah, dirasakannya kelenjar yang keras dan seringkali nyeri di balik puting. Kelenjar ini bukan kanker. Ini adalah kelenjar payudara, dan sangat normal. Kemudian akan terlihat area kulit yang makin menggelap di sekitar puting, inilah yang disebut sebagai areola.

Nyeri
Dalam proses pertumbuhan, sangat wajar jika payudara terasa nyeri atau menjadi sangat sensitif. Jika puting payudara terasa sensitif atau gatal, kenakan bra berbahan lembut. Seringkali bahkan t-shirt berbahan lembut pun terasa ngilu jika bergesekan dengan puting payudara. Jika payudara terasa nyeri saat berlari, bergerak atau berolahraga, kenakan sport bra yang dapat menopang payudara lebih baik. Tetapi jika nyeri terasa sangat menyiksa dan berkepanjangan, kompres dengan kompresan hangat.

Menyesuaikan ukuran bra
Hal lain yang harus selalu dilakukan adalah menyesuaikan ukuran bra yang dikenakan dengan payudara yang bertumbuh. Pastikan selalu ukuran payudara untuk mendapatkan bra yang tepat, agar kita senantiasa merasa nyaman.

Sangat normal jika payudara tidak berkembang bersamaan. Ada kalanya, satu payudara berkembang lebih dulu dibandingkan lainnya. Jadi, tak perlu cemas jika ternyata ukuran salah satu payudara terlihat lebih kecil dibandingkan lainnya pada masa pertumbuhan. Biasanya di akhir periode pertumbuhan fisik, ukuran kedua payudara sudah nyaris sama besar.

Hal penting untuk diingat, setiap cewek menjalani proses pertumbuhan yang berbeda-beda. Sehingga kita tidak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain. Nikmati saja proses perkembangan kita dengan ceria, dan terapkan pola hidup sehat; mengonsumsi makanan bernutrisi, istirahat cukup, dan rutin berolahraga, agar proses pertumbuhan fisik kita, termasuk pertumbuhan payudara, berlangsung baik.

Related Articles