Menu

Reproductive Health

Dampak Gangguan Tiroid pada Menstruasi

Siklus menstruasi sangat tergantung pada keseimbangan kadar menstruasi. Kondisi ini tak akan terjadi jika seorang perempuan mengidap gangguan tiroid. Berdasarkan penelitian gangguan kerja kelenjar tiroid, berhubungan erat dengan ketidaknormalan siklus menstruasi. Kondisi tidak normal yang dimaksudkan, dan umumnya dialami perempuan berusia produktif adalah:

  • Darah menstruasi sedikit: Jika selama ini menstruasi Anda lancar, namun tiba-tiba terlihat sedikit, dan berlangsung kurang dari 3 hari, terhitung sejak bercak pertama terlihat, hingga benar-benar bersih.
  • Jarang menstruasi, dan tidak teratur: Gejala ini dipastikan merupakan dampak hipertiroid.
  • Perdarahan berat saat menstruasi: Kondisi ini menyebabkan menstruasi lebih dari 10 hari, dan perlu mengganti pembalut kurang atau setiap satu jam. Gejala ini adalah dampak dari kondisi hipotiroid. Gangguan hipotiroid juga dapat menyebabkan menstruasi terjadi lebih sering dan lebih lama.

Kapankah perlu memeriksakan diri ke dokter?

  1. Perdarahan berat terjadi lebih dari 24 jam
  2. Menstruasi terjadi lebih dari 10 hari
  3. Siklus menstruasi tiba-tiba memendek, dan darah menstruasi sedikit
  4. Tidak mengalami menstruasi kurang dari 3 bulan
  5. Menstruasi disertai nyeri yang tidak biasanya terjadi.

Cermati kondisi menstruasi Anda, jika mengalami satu atau beberapa gejala di atas, jangan abaikan. Segera periksakan diri ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Articles