Menu

Sex

Cermat Mempersiapkan Menstruasi Pertama

Mengalami menstruasi pertama adalah hal yang akan dialami setiap cewek di masa remaja. Ada yang tidak sabar menunggu, karena sudah banyak teman yang mengalaminya, tetapi ada juga yang cemas karena belum cukup mendapatkan informasi tentang menstruasi pertama ini. 

Sebenarnya bisa bertanya pada ibu, bibi, atau kakak yang telah lebih dulu mengalaminya. Tetapi kalo kamu malu, coba baca baik-baik informasi ini:

Unsur yang tidak terpakai Menstruasi adalah proses tubuh melakukan pembersihan dari jaringan yang tidak dibutuhkan lagi. Dari mana asalnya? Sepanjang siklus menstruasi yang lengkap, sebuah sel telur dilepaskan dari salah satu ovarium, dan menuju ke rahim melalui Tuba Fallopii

Setelah seorang cewek mengalami menstruasi, tubuhnya telah siap untuk mengandung bayi. Karenanya, rahim membentuk lapisan untuk tempat perkembangan bayi itu. Ketika tidak ada bayi yang bertumbuh, maka lapisan tersebut harus dikeluarkan dari rahim. Proses pengeluaran lapisan itu, dan pembersihan rahim inilah yang disebut sebagai menstruasi

Terjadi secara teratur. Rata-rata seorang perempuan mengalami menstruasi teratur setiap 27 - 31 hari. Sebenarnya pengulangan menstruasi ini berbeda pada setiap perempuan. Seara normal, menstruasi dapat berulang setiap 15 hingga 45. Pengulangan menstruasi inilah yang dikenal sebagai siklus menstruasi. Setiap kali menstruasi terjadi, berlangsung antara 3-10 hari; sekalipun rata-rata cewek mengalaminya 5 - 7 hari. Sebelum menstruasi, umumnya terjadi gejala fisik seperti nyeri pada perut, payudara lebih sensitif atau emosi yang tidak stabil. Kondisi ini relatif normal dialami, dan dikenal sebagai Pre-Menstruasi Syndrome atau disingkat PMS. Dalam bahasa Indonesia adalah gejala sebelum menstruasi.

Hal utama: kebersihan. Selama menstruasi sebaiknya jaga kebersihan diri agar kita tetap sehat. Hal yang penting diperhatikan:

  • Cuci tangan sebelum mengganti pembalut. Pembalut harus tetap steril hingga digunakan. Inilah sebabnya tangan harus bersih saat memasang dan mengganti pembalut
  • Ganti pembalut setiap 4 jam, atau setiap kali setelah berkemih dan BAB. Pastikan area genitalmu tidak lembap, keringkan setiap kali setelah berkemih atau BAB.
  • Mandi dua hali sehari, dan kenakan pakaian dalam yang besih setiap kali setelah mandi. Tak perlu ragu untuk keramas, karena hal ini bagian dari langkah menjaga kebersihan diri, dan tetap harus dilakukan ketika menstruasi

Saat menstruasi sudah selesai, bisa jadi masih akan ada bercak-bercak darah selama satu atau dua hari. Hal ini sangat normal, dan agar kamu merasa nyaman, bisa menggunakan pantyliner agar tidak lembap, dan mencegah celana terkena noda darah. Sudah lengkap informasimu sekarang girls... tak perlu cemas lagi!

Related Articles