Menu

Latest Research

Cegah Sakit Kepala Saat Menstruasi

Sakit kepala adalah salah satu gejala pra-menstruasi yang umum dikeluhkan. Kondisi ini terjadi sebagai dampak dari turunnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Estrogen adalah pemicu produksi endrofin - hormon yang berfungsi sebagai penahan rasa sakit. Kekurangan estrogen berarti berkurangnya produksi endorfin sehingga tubuh kehilangan kendali atas nyeri.

Saat tubuh kehilangan kontrol atas rasa sakit, di sisi lain aktivitas kita tetap normal, maka kita rentan mengalami tegang. Situasi ini memicu stres tubuh dan menyebabkan sakit kepala. Jika hal ini terlanjur terjadi, segera saja konsumsi obat pereda sakit kepala. Konsumsi obat sesuai aturan pada kemasan, agar dapat berfungsi optimal untuk meredakan nyeri.

Sedangkan jika Anda ingin mencegah sakit kepala terjadi sebelum dan selama menstruasi, coba lakukan hal-hal ini:

  • Olahraga. Saat bergerak, tubuh akan memroduksi endorfin, sehingga daya tahan tubuh terhadap rasa sakit meningat, sehingga mencegah sakit kepala.
  • Pola makan. Seminggu sebelum menstruasi, disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan segar. Penelitian membuktikan asupan buah segar dapat mencegah sakit kepala dan nyeri menstruasi.
  • Istirahat. Cukupi waktu istirahat malam menjelang menstruasi. Jika biasanya cukup 7 - 8 jam tidur, maka saat menstruasi, cobalah tidur lebih lama 1 jam. Tubuh membutuhkan lebih banyak istirahat, karena menggunakan lebih banyak energi saat ini.
  • Pijat. Salah satu pencegahan paling nyaman adalah pijat. Lakukan pijat seluruh tubuh, terutama titik-titik nyeri yang biasanya dirasakan saat menstruasi, termasuk sakit kepala, 1 minggu sebelum menstruasi berlangsung.
  • Yoga. Telah dipastikan yoga dapat membantu meredakan berbagai nyeri; termasuk sakit kepala saat menstruasi. Bukan hanya gerakan yoga yang perlu dilakukan, melainkan pengaturan napas dan meditasi juga, karena meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran.

Ternyata tanpa obat, kita bisa mencegah sakit kepala menstruasi. Bebas sakit kepala menstruasi berarti Anda dapat bebas beraktivitas dan mudah berkonsentrasi!

Related Articles