Menu

Latest Research

Cara Nyaman Meredakan Nyeri Menstruasi

Setiap kali mengalami menstruasi, selalu tersiksa nyeri akibat kram perut? Bahkan setelah mengonsumsi obat pereda nyeripun masih terasa tak nyaman? Cobalah beberapa cara sederhana ini, Anda akan merasa nyeri mereda... dan lebih nyaman.

Kompresan panas. Cara ini sangat sering diingatkan dalam berbagai artikel meredakan nyeri menstruasi. Hal ini disebabkan karena suhu panas dapat merelaksasi ketegangan otot, sehingga nyeri perlahan-lahan mereda.

Minuman hangat. Selain kompresan panas, menyeruput minuman panas juga bisa meredakan nyeri perut. Cokelat panas, atau camomile tea sangat disarankan. Kedua jenis minuman ini mengandung unsur-unsur alami yang meredakan ketegangan otot.

Stretching tungkai kaki. Peregangan adalah cara paling baik meredakan ketegangan. Perut sangat berhubungan dengan otot bagian bawah tubuh. Karenanya perlu dilakukan stretching khusus untuk bagian bawah tubuh; jalan-jalan pagi di sekeliling rumah selama 30 menit, bisa jadi aktivitas stretching yang baik.

Bersantai. Nyeri menstruasi disebabkan karena ketegangan otot. Jadi meredakannya dapat dilakukan dengan sedikit beristirahat. Sediakan waktu untuk sekadar bersantai sambil membaca, atau selonjoran mendengarkan musik. Bersantai tak hanya meredakan ketegangan otot perut, melainkan juga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Pijat. Lakukan pijatan ringan di area perut yang terasa nyeri dan kram. Lakukan selama 5 menit, dengan sedikit tekanan dengan gerakan melingkar, tak perlu terlalu keras.

Kelima cara ini sangat praktis, namun setelah dilakukan akan segera terasa dampaknya untuk meredakan nyeri menstruasi yang mendera.

Related Articles