Menu

Reproductive Health

Cara Mengatasi Kembung dan Gas Menjelang Menstruasi

Diketahui bahwa 70% perempuan mengalami kembung dan rongga perut berisi gas menjelang menstruasi. Diketahui kondisi ini dipicu oleh fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron yang terjadi pada periode itu, dan menyebabkan perut berisi gas, dan mengembung. Gejala ini akan segera mereda setelah menstruasi berlangsung. Tapi selama kondisi ini terjadi, adakah yang dapat dilakukan?

  1. Nutrisi kaya protein dan potasium. Pilihan makanan yang mengandung potasium, seperti; pisang, tomat dan asparagus, dan protein, seperti; kacang-kacangan, salmon, akan sangat membantu menurunkan kadar prostaglandins yang diproduksi. Prostaglandins adalah hormon yang memicu kontraksi otot rahim dan kembung. Selain itu, seledri, ketimun, semangka, jus lemon juga baik untuk dikonsumsi, karena memiliki manfaat sebagai pencahar alami, yang dapat mengeluarkan cairan dari dalam tubuh.
  2. Hindari makanan yang mengandung gas. Komposisi hormon yang memicu pengumpulan gas di rongga perut menjelang periode menstruasi, sebaiknya tidak diperparah dengan mengonsumsi makanan yang menciptakan gas, seperti kol, kembang kol, atau selada. Hindari makanan tersebut hingga menstruasi berakhir, akan membuat Anda lebih nyaman.
  3. Tetap berolahraga. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat, dan proses ini cenderung meredakan kembung. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan seperti yoga, berenang atau jogging. Hindari olahraga berat seperti crossfit, karena akan memicu pembengkakan, sehingga memicu kembung di rongga perut.
  4. Batasi alkohol, kafein, gula dan minuman berkarbonasi. Seluruh makanan dan minuman yang terkategori dalam kelompok makanan tersebut sebaiknya dihindari, karena memicu gangguan pencernaan, memicu dehidrasi, sehingga tubuh cenderung mengumpulkan cairan di rongga perut. Penuhi konsumsi air sebanyak 8 gelas sehari, agar tidak terjadi pengumpulan cairan dalam rongga tubuh.
  5. Banyak tidur. Pada malam hari, pengumpulan cairan yang terjadi dalam rongga perut, dapat diserap tubuh dengan baik. Karenanya, disarankan untuk memenuhi waktu tidur malam, 8 jam setiap malam.

Lakukan 5 langkah ini seminggu sebelum menstruasi berlangsung, maka hari-hari Anda akan bebas kembung dan gas!

Related Articles