Menu

Latest Research

Ada Bakteri Antiinfeksi Seksual Menular di Vagina

Para peneliti dari Universtiy of North Carolina (UNC) menemukan fakta yang mencengangkan sekaligus menggembirakan bagi perempuan. Menurut mereka, sepertinya ada perempuan yang kebal terhadap berbagai infeksi menular seksual karena cairan/lendir vagina mereka mengandung sejenis bakteri pelindung. Bakteri yang dimaksud adalah Lactobacillus crispatus. 

Penelitian yang telah dilakukan selama 3 tahun ini, meneliti cairan vagina dari 31 perempuan yang aktif secara seksual dan menemukan bahwa cairan/lendir para responden perempuan yang mengandung Lactobacillus crispatus ternyata mampu melindungi perempuan yang memilikinya terhindar dari infeksi seksual menular, bahkan HIV.

Menurut Sam Lai PhD, profesior di UNC Eshelman School of Pharmacy yang memimpin penelitian itu, melalui siaran press-nya; Lactobacillus crispatus, membantu tubuh menghasilkan lendir yang memerangkapkan HIV dan pemicu infeksi seksual menular lain, sehingga tidak masuk ke dalam tubuh. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di mBio, sebuah jurnal yang dapat diakses secara bebas dan diterbitkan oleh the American Society for Microbiology, pada November 2015.

Lalu, apakah semua cairan/lendir vagina yang mengandung Lactobacillus crispatus dapat memerangkapkan bakteri dan virus? Ternyata tidak. Hanya cairan vagina yang mengandung Lactobacillus crispatus dan unsur D-lactic acid yang tinggi dapat dengan baik melindungi perempuan, demikian hasil penelitian tersebut menemukan.

Singkat kata, ada sebagian perempuan yang beruntung karena tubuh mereka  bisa menghasilkan pelindung terhadap berbagai kemungkinan terjadinya infeksi seksual menular. Jadi sebaiknya ,tetap melakukan hubungan intim yang aman.

Related Articles