Menu

Latest Research

7 Manfaat Lain Pil Kontrasepsi

Para peneliti dari The Family Planning Organization di The Guttmacher Institute, Amerika; menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi secara teratur akan mendapatkan manfaat sampingan yang luar biasa, yaitu:

Terhindari dari endometriosis
Akseptor pil kontrasepsi mengalami pembentukan selaput dinding dalam rahim yang tidak optimal, sehingga memperkecil terjadinya pertumbuhan selaput tersebut di luar rahim.

Mengatasi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Pengidap PCOS alami ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tak teratur atau tertunda; pertumbuhan rambut tubuh berlebih; kegemukan; kista ovarium dan masalah kesuburan. Kombinasi hormon pil kontrasepsi bisa atasi ketidakseimbangan tersebut, dan dampak PCOS teratasi.

Meredakan kram menstruasi
Setiap kali menjelang menstruasi, tubuh akan menghasilkan protagladin, hormon yang memicu kontraksi otot perut untuk mengeluarkan darah menstruasi dari rahim. Konsumsi pil kontrasepsi berdampak menekan produksi protagladin sehingga tidak memicu kontraksi otot perut berlebihan, dan terhindari dari kram.

Kulit lebih halus
Pil kontrasepsi menurunkan kadar testosteron yang hanya diproduksi sedikit oleh tubuh perempuan, tetapi berdampak luar biasa menghaluskan kulit, meminimalkan pertumbuhan rambut tubuh, sehigga kulit terlihat lebih indah.

Mencegah anemia
Akseptor pil kontrasepsi cenderung mengalami perdarahan menstruasi yang ringan dan tidak lama, sehingga mencegah terjadinya anemia akibat sel darah merah yang terlalu banyak keluar dari tubuh.

Mencegah terjadinya gangguan di rongga panggul
Kandungan progestin di dalam pil kontrasepsi memicu penebalan lendir leher rahim, sehingga berfungsi sebagai perlindungan masuknya kuman penyebab infeksi ke rongga panggul.

Perlindungan terhadap jenis kanker tertentu
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir tahun 2010, jika seorang perempuan menggunakan pil kontrasepsi selama 15 tahun berturut-turut, maka risikonya mengalami kanker indung telur dan dinding rahim akan berkurang hingga 50%.

Tentu saja, pil kontrasepsi yang dikonsumsi sebaiknya didapat setelah berkonsultasi dengan dokter ahli obstetri dan ginekologi, agar sesuai dengan kondisi tubuh.

Related Articles